Hentikan Kekerasan Membully Seseorang di Sosial Media

Hentikan Kekerasan Membully Seseorang di Sosial Media

Hentikan Kekerasan Membully Seseorang di Sosial Media Kata “bullying/pembulian” akhir-akhir ini menjadi semakin banyak terjadi, baik fisik atau secara mental. Salah satu jenis bullying yang sering kita dengar masa ini yaitu Cyber Bullying. Berikut merupakan beberapa penjelasan mengenai Cyber Bullying.

Cyber bullying mempunyai arti dua kata yakni cyber dan bullying. Cyber adalah jaringan elektronik di mana menghubungkan pengguna satu dengan yang lain. Sedangkan bullying memiliki arti pelecehan, intimidaasi atau ancaman yang dilakukan seseorang baik secara fisik atau verbal.

Biasanya para pelaku cyber bullying ini melakukan aksinya melalui akun media sosial.

Cyber bullying bahkan bisa dijumpai dalam berbagai grup diskusi topik tertentu, di mana mulanya mereka membahas suatu topik dengan baik dan kemudian lama-kelamaan terjadi perbedaan pendapat satu dengan yang lainnya yang membuat grup tersebut menjadi arena untuk berdebat satu sama lain.

Pelaku cyber bullying biasanya merupakan seseorang yang tidak dapat menyampaikan pendapatnya di muka umum karena dinilai lebih rendah dari yang lain maka dari itu mereka melarikan diri ke media sosial atau pun mereka yang memiliki kemungkinan di dunia nyata ia pernah menjadi obyek untuk di-bully sehingga ia membalaskan dendam lewat media sosial dengan menyerang orang lain dengan membuat kericuhan dan adu mulut dengan kata kasar.

Sejatinya, para pelaku cyber bullying ini merasa bahwa jika melakukan bullying lewat dunia maya akan aman karena memakai akun palsu atau fake account untuk mengelabuhi musuh yang tidak dapat mengenalinya.

Pada kenyaataanya, jika seseorang merasa telah dirugikan dengan tindakan cyber bullying ini mereka akan melaporkan kejadian ini dan akan ditindaklanjuti oleh pihak berwajib agar tidak meresahkan kembali. Meskipun dalam proses pencarian pelaku membutuhkan tenaga lebih karena yang dicaripun ada di “dalam dunia maya.”

Mungkin para pelaku cyber bullying tidak mengetahui bahwa korban tindakan mereka ini akan merasakan ketakutan dan depresi dibanding dengan ancaman secara fisik. Kenapa? Karena dengan tindakan bully secara fisik akan lebih mudah untuk menangkap pelaku dan memberinya hukuman, akan tetapi bagaimana dengan mereka yang mem-bully dibalik layar komputer dan dapat menyamarkan berbagai identitas untuk dapat mengulangi tindakannya.

Beberapa tips untuk mencegah kita agar terhindar dari cyber bullying, antara lain:

1. Jika perlu, hindari mencantumkan data pribadi seperti nama lengkap, alamat lengkap dan nomor telepon karena lebih membuka akses yang lebih luas bagi pelaku cyber bullying ini.

2. Tidak terpancing dengan kalimat atau kata-kata sarkatisme yang ada di internet. Hindari seseorang yang tidak anda kenal atau berhubungan dengan akun tersebut.

3. Para pelaku cyber bullying akan merasa puas dan senang jika kita mudah terpancing dengan menanggapi pelaku menggunakan kata-kata kasar yang sama. Pelaku cyber bullying akan merasa senang jika anda perhatian dengan tindakan mereka.

Baca juga artikel menarik lainnya :  Menakjubkan! Surga Kecil Ini Terdapat Di Kota Timika, Papua

Dishare yuk! Ke FB / IG TWITTER

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *